Monitoring dan Evaluasi Open Defecation Free (ODF) Kampung Bujuk Agung

Bujukagung.desa.id |  Kampung Bujuk Agung Kecamatan Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang Telah Melakukan Ke Dua Kalinya Monitoring dan Evaluasi ODF (Open Defecation Free) Atau stop Buang Air Besar Sembarangan.

Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan Tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Monitoring dan Evaluasi ODF adalah proses memastikan status ODF Warga masyarakat Kampung Bujuk Agung yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Nurokhim Selaku Kepala Kampung Bujuk Agung Menerangkan Masih Ada Warga Masyarakatnya dibawah Sekitar 6% Dari 1195 KK. dari Keseluruhan jumlah Penduduk Kampung Bujuk Agung yang belum memiliki Jamban Sehat untuk itu Kami Pemerintah Kampung Bujuk Agung Berharap Tahun Depan untuk Menargetkan 100% warga kami Memiliki jamban Sehat, dan Menuju kampung Bujuk Agung yang Bersih, Sehat, dan Nyaman.

Salah satu Warga masyarakat Kampung Bujuk Agung Kecamatan Banjar Margo Kabuapten Tulang Bawang yang dimonitoring ODF adalah Warga RT.001 RK. 002  di Kampung Bujuk Agung. yang dilaksanakan pada Rabu (18/11/2020).

Kepala Puskesmas Penawar Jaya Bp. Ifra Purwanto, S.Kep, M.Kes Menyatakan Bahwa Suatu Kampung Atau Komunitas Masyarakat Dapat Dinyatakan ODF Jika Memenuhi Syarat :

a) Semua masyarakat telah BAB hanya di jamban dan membuang tinja/kotoran bayi hanya ke jamban.

b) Dalam hal penggunaan pampers agar kotoran dibuang ke jamban terlebih dahulu sebelum pampers dibuang ke        tempat sampah

c) Tidak ada bau tidak sedap akibat pembuangan tinja/kotoran manusia.

d) Ada peningkatan kualitas jamban yang ada supaya semua menuju jamban sehat.

e) Ada mekanisme monitoring peningkatan kualitas jamban.

f) Ada peraturan atau upaya lain oleh masyarakat untuk mencegah kejadian BAB di sembarang         tempat.

g) Ada mekanisme monitoring umum yang dibuat masyarakat untuk mencapai 100% KK mempunyai jamban sehat

h) Di sekolah yang terdapat di komunitas tersebut, telah tersedia sarana jamban dan tempat cuci tangan (dengan          sabun) yang dapat digunakan murid-murid pada jam sekolah.

i) Analisa kekuatan kelembagaan di Kabupaten menjadi sangat penting untuk menciptakan kelembagaan dan               mekanisme pelaksanaan kegiatan yang efektif dan efisien sehingga tujuan masyarakat ODF dapat tercapai.

j) Tidak terlihat tinja manusia di lingkungan sekitar.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan