Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di Kampung Bujuk Agung. (By_Foto : Sholeh Al-Farizy)

bujukagung.desa.id – 22 Januari 2018. Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah salah satu Program Nasional di bidang sanitasi, yang diadakan sejak bulan Agustus 2008 oleh Menteri Kesehatan RI, yang dimana STBM merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Sanitasi sendiri adalah sebuah penyediaan sarana dan pelayanan pembuangan limbah kotoran manusia. Sedangkan tujuan dari Program STBM ini adalah untuk menciptakan kondisi masyarakat dengan pola hidup sehat dan bersih.

Sambutan Kepala Puskesmas Penawar Jaya saat sosialisasi STBM. (By_Foto : Suherman)

Dalam rangka pemberdayaan masyarakat melalui pemicuan program STBM, Kepala Puskesmas Penawar Jaya mengajak masyarakat untuk menciptakan hidup sehat dan bersih dengan memiliki Jamban sehat ditiap-tiap rumah atau KK yang ada di Kampung Bujuk Agung khususnya dan umumnya masyarkat diseluruh Kecamatan Banjar Margo dengan cara menghapuskan WC cemplung yang berdampak pencemaran udara terhadap lingkungan, yang rencananya akan diganti dengan WC kloset.

Simbolis STBM Kepala Puskesmas Penawar Jaya kepada Kampung Bujuk Agung yang diwakili oleh sekretaris kampung Bpk. Adi Suparto. (By_Foto : Suherman)

Dengan adanya program STBM ini, diharapkan seluruh masyarakat yang ada di Indonesia khususnya Kampung Bujuk Agung dapat berprilaku hidup sehat dengan tidak buang air disembarang tempat. Untuk mewujudkan hal tersebut, masyarakat Kampung Bujuk Agung diharapkan dapat melaksanakan 5 (Lima) Pilar STBM yaitu :

  • STOP BABS (Buang Air Besar Sembarangan),
  • CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun),
  • PAMM RT (Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga),
  • Pengelolaan Sampah RT,
  • Pengelolaan Limbah RT
Antusias bapak dan ibu-ibu dalam sosialisasi STBM. (By_Foto : Sholeh Al-Farizy)
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan