Posyandu Lansia Wujudkan Hidup Sehat di Masa Tua

Senam lansia yang dipandu ibu Siti (Baju Biru) dan Ibu Sri (Baju Orange) dan diikuti oleh warga. ( By_Foto : Sholeh AL-Farizy)

bujukagung.desa.id – Jum’at (19/01/2018). Posyandu tak hanya melayani pelayanan dibidang kesehatan anak dan balita saja, akan tetapi kesehatan orang lanjut usia (lansia) pun juga perlu diperhatikan. Salah satunya posyandu lansia di Kampung Bujuk Agung yang rutin melakukan kegiatan untuk para anggota lansianya adalah Posyandu Anggrek 3 yang berada di Rk 001 Rt 001, yang dimana kegiatan ini dilakasanakn dalam satu kali dalam satu bulan dan beranggotakan mayoritas dari kalangan ibu-ibu.

Suasana Posyandu Lansia di Gedung Anggrek 3 Kampung Bujuk Agung. (By_Foto : Sholeh Al-Farizy)

Tujuan dari Posyandu lansia ini adalah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi lansia di Kampung Bujuk Agung, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia serta mendekatkan masyarakat dalam pelayanan kesehatan yang disamping itu juga meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut untuk mewujudkan hidup sehat dan bahagia dimasa tua.

Bentuk Pelayanan Posyandu Lansia sendiri meliputi pemeriksaan Kesehatan fisik dan mental. Sedangkan jenis Pelayanan Kesehatan yang diberikan kepada usia lanjut di Posyandu Lansia dianggrek 3 antara lain : Pemeriksaan gizi melalui penimbangan berat badan, Pengukuran tekanan darah dan lain sebagainya.

Salah seorang anggota lansia sedang diperiksa dan melakukan penimbangan. (By_Foto : Sholeh Al-Farizy)
Anggota lansia sedang antri menunggu giliran dipanggil untuk diperiksa. (By_Foto : Sholeh Al-Farizy)

Kegiatan lain yang dilakukan dalam posyandu lansia ini yaitu Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dengan cara memperhatikan aspek kesehatan dan gizi lanjut usia serta melakukan kegiatan olah raga seperti senam lanjut usia.

Antusias ibu-ibu dalam kegiatan senam lansia. (By_Foto : Sholeh Al-Farizy)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan