BUDAYA GOTONG ROYONG

bujukagung.desa.id – Jum’at, 05/01/2018. Gotong Royong berasal dari Kata Gotong dan Royong. Gotong artinya bekerja, sedangkan Royong artinya Bersama-sama, jadi gotong royong adalah kegiatan bekerja yang dilakukan secara bersama-sama demi mencapai suatu tujuan bersama. Apapun yang dilakukan secara bersama-sama akan mempermudah dan mempercepapat pekerjaan yang dilakukan. kegiatan gotong royong merupakan wujud tolong menolong antar sesama yang dilakukan secara suka rela tanpa mengharapkan imbalan apapun.

Seperti halnya warga kampung bujuk agung, jelang musim penghujan warga bersama-sama bergotong royong untuk membersihkan lingkungan Masjid Nurul Huda, membersihkan rumput dan pembenahan saluran air yang berada di sekitar masjid tersebut. Kegiatan ini warga lakukan untuk mengantisipasi terjadinya penggenangan air ketika musim hujan telah tiba. Selain itu juga karena warga sadar dan merasa berkewajiban untuk menjaga dan merawat lingkungan masjid dan sekitarnya..

Warga sedang melakukan pembenahan saluran air. ( By_sholeh al farizy )
Warga sedang membersihkan rumput. ( By_sholeh al farizy )
Bersama-sama warga menggotong pembatas kendaraan. ( By_sholeh al farizy )

Kesadaran memang penting dimiliki oleh semua warga, karena bagaimanapun gotong royong adalah budaya leluhur yang harus diwariskan kepada generasi penerus,  agar rasa memiliki akan daerah dan tempat tinggal menjadi tanggung jawab bersama sehingga kegiatan semacam ini masyarakat berpartisipasi membantu pemerintah dalam mensukseskan pembangunan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan